Jakarta, CNBC Indonesia – Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bertemu dengan sejumlah petinggi Pemerintah Jepang untuk membahas kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dan Jepang di bidang transportasi yang berkonsep Transit Oriented Development (TOD), termasuk Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta East-West, di Tokyo, Jepang. Pada Rabu (24/4/2024). Heru menghadiri pertemuan dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Tetsuo Saito.

Kemudian, pada Kamis (25/4), Pj. Gubernur Heru menghadiri pertemuan dengan Senior Vice President of Japan International Cooperation Agency (JICA) Hataeda Mikio, sekaligus menutup rangkaian kunjungan kerja dengan menghadiri TOD Investment Forum di Tokyo, Jepang. Untuk mempercepat pembangunan MRT Jakarta, Pj. Gubernur Heru mengharapkan Loan Agreement Proyek MRT East-West dapat segera ditandatangani agar rencana groundbreaking pada bulan Agustus 2024 dapat terealisasi.

Pembangunan MRT East-West meliputi tiga provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, dengan trase indikatif dari Balaraja ke Cikarang sepanjang 84,1 kilometer. Adapun pembangunan di wilayah DKI Jakarta terbagi dalam dua tahap, yaitu Tomang-Medan Satria (24,5 km) dan Tomang-Kembangan (9,2 km).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah menandatangani Kesepakatan Bersama untuk mendukung pembangunan MRT East-West Phase 1 Stage 1 yang akan menghubungkan stasiun MRT dari Tomang ke Medan Satria pada 17 Februari 2023.

“Pengembangan jaringan MRT East-West akan meningkatkan aksesibilitas transportasi, menciptakan peluang investasi, terutama dalam pengembangan TOD, memperkuat pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup penduduk Jakarta, serta menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia,” ungkap Heru dalam keterangannya, Jumat (26/4/2024).




Pj. Gubernur Heru Bertemu Petinggi Pemerintah Jepang di TOD Investment Forum Bahas Kerja Sama MRT Jakarta. (Dok. beritajakarta)Foto: Pj. Gubernur Heru Bertemu Petinggi Pemerintah Jepang di TOD Investment Forum Bahas Kerja Sama MRT Jakarta. (Dok. beritajakarta)
Pj. Gubernur Heru Bertemu Petinggi Pemerintah Jepang di TOD Investment Forum Bahas Kerja Sama MRT Jakarta. (Dok. beritajakarta)

Lebih lanjut Heru mengatakan, pembangunan infrastruktur dan sarana transportasi perkotaan Jakarta akan meningkatkan kualitas hidup warga, sekaligus mempersiapkan Jakarta sebagai kota global dan pusat ekonomi pascapemindahan Ibu Kota ke Nusantara.

“Kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan memainkan peran penting dalam hal penyedia pendanaan yang akan mendukung percepatan transformasi transportasi publik di Jakarta,” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Heru didampingi sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta, yaitu Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania, dan Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi.

TOD Investment Forum di Tokyo yang digelar pada 24-26 April 2024 di Gedung Kedutaan Besar RI untuk Jepang tersebut diselenggarakan atas kerja sama PT MRT Jakarta (Perseroda), Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, serta PT Pembangunan Jaya Ancol.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Proyek MRT Bundaran HI-Kota Rp 25,3 T Terus Dikebut, Kapan Selesai?


(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *