Jakarta, CNBC Indonesia – PT PGN Tbk (PGAS) mengungkapkan bahwa perusahaan saat ini mempersiapkan strategi pioritas untuk menggenjot bisnis gas bumi di dalam negeri.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari menyebutkan dalam jangka panjang hingga 10 tahun mendatang perusahaan akan bertumbuh dan berkembang dengan disertai setidaknya tiga strategi prioritas.

“Dalam jangka 5 sampai dengan 10 tahun ke depan, PGN menggunakan tiga strategic priorities. Jadi kita melihatnya untuk growth, kemudian kita beradaptasi juga dengan hari ini sudah berbicara menuju ke renewable energy dan juga ke step out seperti itu,” jelasnya kepada CNBC Indonesia dalam program Energy Corner, Kamis (25/4/2024).

Dia mengatakan strategi prioritas yang akan dilakukan perusahaan dengan mengintegrasi terhadap infrastruktur yang sudah dimiliki oleh PGN. Hal itu diharapkan bisa meningkatkan utilisasi dan menaikkan permintaan gas di masyarakat.

“Jadi kalau berbicara dengan growth, maka bagi kita penting hari ini untuk melakukan integrasi terhadap infrastruktur-infrastruktur existing kita, sehingga bisa menaikkan utilisasi, kemudian juga meng-grab demand kita hari ini tidak hanya kemudian dengan menggunakan bentuk gas pipa, tetapi juga meng-introduce penggunaan LNG,” ujarnya.

Rosa mengungkapkan strategi prioritas yang dilakukan oleh perusahaan juga bisa menjamin suplai akan gas untuk masyarakat dengan harga yang terjangkau bila dibandingkan dengan sumber energi lainnya seperti bahan bakar berbasis minyak.

“Karena memang kemudian dengan adanya misalnya natural decline dan lain-lain, pelanggan juga perlu mendapatkan jaminan suplai, sehingga pada pricing yang masih lebih menarik dibandingkan fosil fuel, tentu ini menjadi alternatif yang baik untuk pelanggan kita,” imbuhnya.

Dengan begitu, Rosa mencatat sejak pandemi Covid-19, industri sudah mulai berkembang di dalam negeri dan diikuti oleh permintaan gas yang juga meningkat.

Adapun, Rosa mengatakan perusahaan memiliki peluang akan hal tersebut untuk bisa berkembang dan bertumbuh diiringi dengan tiga strategi prioritas yang disiapkan oleh PGN. “Kita melihat memang sejak Covid juga sudah berakhir, industri juga marak berkembang, ini permintaan atas gas bumi, sustainability, volume, dan lain-lain kita lihat semuanya positif. Dan artinya ini adalah peluang juga untuk PGN dapat berkembang dan bertumbuh di posisi ini,” tandasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bos PGN: Harga Gas Industri Tak Naik & Jargas RT Diperluas


(pgr/pgr)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *