Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) yang beroperasi sejak tahun 1989 menjadi wilayah dengan kepadatan mal lebih tinggi dibanding Jakarta atau wilayah lain di Indonesia.

BSD bakal menambah satu lagi pusat perbelanjaan di kawasannya yakni Eastvara Mall. Tambahan ini membuat BSD bakal memiliki 12 mal dan mengalahkan Jakarta dalam jumlah mal per luasan km2. Padahal, Jakarta sempat disebut sebagai kota Seribu Mal karena terlalu banyaknya mal.

Dengan luasan 661,5 km2, Jakarta memiliki 96 mal berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI), atau tersedia 1 mal dalam 6,89 km2. Sementara BSD dengan luasan 6.000 Ha atau 60 km2 bakal memiliki 12 mal, atau tersedia 1 mal dalam 5 km2.

“Minggu lalu topping off Eastvara Mall untuk area 4,9 Ha konsepnya kurang lebih mirip-mirip dengan the Breeze cuma tenant agak bervariasi. Kalau The Breeze konsepnya FnB (fashion and beverage) lebih banyak, dan ada bioskop, ada supermarket,” kata Direktur BSDE Hermawan Wijaya dalam Sinar Mas Property Outlook 2024 di BSD City, dikutip Kamis (25/4/2024)

Ia pun sudah berani menyebut nama supermarket baru yang akan masuk ke dalam mal ini, yakni AEON.

“Eastvara lebih variatif ada fashion, bioskop tentu ada, dan supermarket juga ada. Mungkin bisa saya sebut supermarketnya Aeon. Saya boleh sebut disini karena beritanya minggu lalu kan ya,” kata Hermawan.

Meski demikian, Ia menilai keberadaan AEON baru ini tidak akan memakan pangsa pasar AEON Mall yang berada di Jalan Raya Utama BSD karena konsep yang berbeda.

“Beda, supermarket yang akan dibawa di Eastvara merupakan new concept di AEON supermall yang sudah ada kalau nggak salah di Vietnam, di Malaysia. Ini konsep baru dari AEON supermarket di Indonesia, ini yang pertama. Areanya dia ngambil sekitar 5.000 m2, cukup besar,” ujar Hermawan.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


APPBI Ungkap Bakal ada 4 Mal Baru di Jabodetabek Sebelum Lebaran 2024


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *