Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas dengan bangga menyampaikan bahwa neraca perdagangan Indonesia selama 47 bulan berturut-turut mengalami surplus. Ia pun menyebut hal itu sebagai rekor dari capaian yang diperoleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indonesia.

“Keberhasilan-keberhasilan yang dicapai Kemendag. Ekspor kita 47 bulan surplus terus, rekor!” kata Zulhas saat ditemui wartawan di Auditorium Kemendag Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Selain itu, Zulhas turut menyebut capaian lainnya seperti inflasi yang terkendali di angka 2,5 plus minus 1% dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5%.

“Tentu kerja sama semua pihak, Kemendag dan Kementerian-kementerian lain tentu kita syukuri. Apalagi kemarin tahun politik, Pilpres demokrasi yang panjang sekali pilihan rakyat, KPU, Bawaslu sampai MK kita juga bisa lalui dengan baik,” tutur dia.




Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas. (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)Foto: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas. (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas. (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Adapun rekor yang dimaksud Zulhas, lantaran Indonesia mampu mempertahankan neraca dagang, inflasi, sampai dengan pertumbuhan ekonomi di tengah memanasnya tensi geopolitik, perubahan dunia yang luar biasa.

“Rusia-Ukraina, harga-harga energi naik, mau cari bahan baku pokok juga nggak gampang, karena masing-masing negara menahan, belum yang terakhir soal-soal Timur Tengah, polarisasi dunia yang kita hadapi itu sangat berpengaruh dengan apa yang kita rasakan di dalam negeri. Dan ini kita berhasil lalui dengan baik,” ujarnya.

Zulhas mengatakan, dalam prosesnya tentu masih ada banyak kekurangan, dan itu merupakan hal yang wajar sebagai negara besar.

“Tetapi kalau semua salah, semua gagal, semua tidak benar, saya kira itu kita kurang pandai bersyukur. Di bawah kepemimpinan Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin kita bisa melewati semuanya dengan baik, mudah-mudahan hari-hari esok akan jauh lebih baik lagi,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mendag Kaget Dengar Harga Cabai Rawit Rp 100 Ribu/Kg: Waduh!


(wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *