Jakarta, CNBC Indonesia – Pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4/2024). Media asing pun ramai-ramai menyoroti hal ini.

AFP, misalnya, melaporkan penetapan Prabowo sebagai presiden RI melalui artikel berjudul Indonesia commission formally declares Prabowo next president.

“KPU secara resmi mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai presiden berikutnya dari negara demokrasi terbesar ketiga di dunia pada Rabu, setelah mahkamah konstitusi negara tersebut menolak gugatan terhadap kemenangan mayoritas putaran pertama,” kata media tersebut.

Kantor berita Prancis itu juga menyoroti kontroversi Prabowo, di mana ia mendapat tuduhan pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu, di mana ia disebut berperan dalam hilangnya aktivis demokrasi pada akhir pemerintahan Soeharto pada 1998.

“Namun tokoh populis yang berapi-api ini meraih kemenangan mudah dalam pemilu berkat janjinya untuk melanjutkan agenda populer Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenai pembangunan ekonomi yang kuat dan pilihannya terhadap putra sulung presiden, Gibran, sebagai wakil presidennya,” tambah media tersebut.

Media asal Australia, ABC News, juga melaporkan kemenangan Prabowo lewat artikel Indonesia declares Prabowo Subianto president-elect after court rejects rivals’ appeal.

“Dalam keputusan yang berbanding 5 banding 3, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak argumen (dari paslon nomor urut 1 dan 3) pada Senin, dengan mengatakan bahwa tim hukum dari kandidat yang kalah telah gagal membuktikan tuduhan bahwa kemenangan Prabowo Subianto adalah hasil dari penipuan yang meluas. Putusan itu tidak dapat diajukan banding,” demikian laporan media tersebut.

“Kasus ini diputuskan oleh delapan hakim agung, bukan oleh pengadilan yang beranggotakan sembilan orang, karena Anwar Usman, yang masih bertugas di pengadilan sebagai hakim asosiasi, harus mengundurkan diri,” tambahnya.

Kantor berita asal Inggris, Reuters, juga melaporkan hal senada lewat artikel berjudul Prabowo vows to fight for all Indonesians, calls for unity among political elites, yang menekankan ajakan Prabowo kepada banyak pihak, termasuk paslon yang kalah dalam pemilihan presiden kemarin.

Prabowo, yang menang dengan selisih besar, mengatakan bahwa ia sedang berbicara dengan para elit di negara ini dan penting bagi partai-partai untuk bisa bersatu demi kebaikan bersama.

Prabowo, yang diam-diam didukung oleh Jokowi, berupaya memperluas koalisinya di parlemen baru dan sedang melakukan pembicaraan dengan partai-partai yang mendukung pesaingnya dalam pemilu.

“Saya akan buktikan bahwa saya akan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia, termasuk mereka yang tidak memilih saya,” kata Prabowo, berbicara setelah pengukuhannya

“Jika Indonesia ingin bertahan, menjadi negara sejahtera, semua elite harus bekerja sama. Kalau kita berani mengesampingkan perbedaan, tinggalkan perasaan, mari temukan rasa cinta tanah air, mari kita berkorban bersama untuk rakyat kita,” tambahnya.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kemudian mengakui dan mengucapkan selamat kepada Prabowo dan Gibran tak lama setelah keputusan Mahkamah Konstitusi dibacakan pada Senin. Keduanya mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menjaga prinsip peralihan kekuasaan secara damai dan memilih untuk menjadi bagian untuk membangun kualitas demokrasi bangsa Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Jurus Pemungkas Prabowo Berantas Korupsi: Naikkan Gaji Pejabat Negara!


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *