Jakarta, CNBC Indonesia – Pengendara diimbau untuk menghindari jalan sekitaran kantor pusat Komisi Pemilihan Umum (KPU), menjelang penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Dari pantuan CNBC Indonesia, pihak kepolisian sudah menutup jalan sepanjang Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Namun pada pukul 8.50 WIB kemacetan juga belum terjadi di wilayah Menteng atau Jl. Hos. Cokroaminoto.

Sebelumnya pihak kepolisian juga sudah mengimbau pengendara mencari jalan alternatif. Terlebih dipastikan ada masyarakat yang akan datang ke KPU untuk memberikan dukungan atau menyampaikan aspirasi di dekat kantor KPU.

“Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang pernyataan pendapat hak setiap warga negara,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengutip DetikNews, Rabu (24/4/2024).

“Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang memberikan persetujuan di muka umum harap dipatuhi,” sambungnya.

Ade Ary juga memastikan seluruh personel yang dikerahkan dalam pengamanan ini akan bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis, serta melaksanakan tugas sesuai prosedur. Dia juga mengajak masyarakat menciptakan perdamaian dan keamanan menjelang penetapan presiden terpilih 2024 ini.

Diketahui, KPU hari ini menggelar rapat pleno penetapan presiden dan wapres terpilih 2024. Untuk mengamankan acara ini, Polda Metro Jaya mengerahkan 4.051 personel gabungan TNI-Polri.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Detik-Detik Anies Beri Simbol Wakanda di Pidato Penutup Debat


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *