Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), Subholding Power & NRE Pertamina, menjalin kerja sama strategis dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad).

Sekretaris Perusahaan Pertamina NRE Dicky Septriadi mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk menggencarkan sosialisasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT), serta transisi energi di dalam negeri.

Kerja sama ini ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama oleh Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat dan Sekretaris Perusahaan Pertamina NRE Dicky Septriadi di Auditorium Pasca Sarjana Fikom Unpad, Bandung, Senin (22/4/2024).

Dicky menjelaskan, perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mengintegrasikan keahlian dan sumber daya dari kedua belah pihak untuk menciptakan program komunikasi strategis yang efektif dan komprehensif.

Selain itu, kerja sama ini juga bertujuan agar program transisi energi mudah dipahami bagi kalangan mahasiswa dan masyarakat secara umum.

Program kerja sama ini mencakup berbagai kegiatan, antara lain perumusan kurikulum Komunikasi Strategis Energi Baru Terbarukan, rangkaian seminar, workshop, pengembangan materi edukasi, dan interaksi langsung dengan area operasi.

Dicky menyebut, pihaknya sebagai bagian dari Grup Pertamina berkomitmen untuk menjadi motor penggerak dalam mendukung transisi energi nasional.

“Kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad akan memperkuat upaya kami dalam menyebarkan informasi yang kredibel, menarik dan mudah dipahami dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang energi baru dan terbarukan,” ungkapnya, dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Rabu (24/4/2024).




Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE)  dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) menjalin kerja sama strategis dalam sosialisasi energi baru dan terbarukan serta transisi energi di Indonesia pada Senin (22/4/2024). (Dok: Pertamina NRE)Foto: Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE)  dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) menjalin kerja sama strategis dalam sosialisasi energi baru dan terbarukan serta transisi energi di Indonesia pada Senin (22/4/2024). (Dok: Pertamina NRE)
Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE)  dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) menjalin kerja sama strategis dalam sosialisasi energi baru dan terbarukan serta transisi energi di Indonesia pada Senin (22/4/2024). (Dok: Pertamina NRE)

Dicky juga menyampaikan bahwa Pertamina NRE percaya generasi muda Indonesia tidak hanya sebagai pewaris Tanah Air, namun juga memiliki peran dan pengaruh yang besar dalam meneruskan program transisi energi di dalam negeri.

Selain itu, kolaborasi ini juga akan melakukan kegiatan kampanye publik melalui media massa dan platform digital dengan mengusung topik-topik transisi energi. Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan masyarakat bisa berdiskusi perihal transisi energi dalam perbincangan sehari-hari.

Sementara itu, Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat mengungkapkan, kerja sama ini menjadi langkah penting dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

“Melalui pendekatan komunikasi yang efektif, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam hal ini mahasiswa tentang pentingnya transisi energi untuk masa depan yang berkelanjutan,” ucap Dadang dalam kesempatan yang sama.

Dengan begitu, kerja sama antara Fikom Unpad dan Pertamina NRE tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat praktisi dan peneliti untuk terus mengoptimalkan kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam mendukung transisi energi di Indonesia serta mendukung pencapaian Net Zero Emission 2060.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Pertamina NRE Pamer Pengembangan Ekosistem EV di COP28 Dubai


(wia)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *