Jakarta, CNBC Indonesia – Anies Baswedan terlihat hadir di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama pasangannya Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Rival Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan umum (pemilu) presiden (pilpres) 2024 itu datang jelang “Rapat Pleno Terbuka Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu Tahun 2024” Rabu (24/4/2024).

Saat memberi keterangan ke wartawan, ia mengatakan penetapan KPU sebagai proses bernegara. Ia mengatakan menghormati proses yang terjadi meski menekankan sejumlah catatan-catatan yang sebelumnya dipermasalahkannya terkait pilpres di Mahkamah Konstitusi.

“Ini adalah sebuah proses bernegara dan kita menghormati proses bernegara ini hingga tuntas,” katanya kepada wartawan.

“Maka itu, kami hadir di sini menghormati proses dan ini semua kami kerjakan dengan tanpa melupakan dan ingin mengingatkan pada semua bahwa pada sidang MK kemarin banyak sekali catatan-catatan yang harus menjadi bahan perbaikan. Itu harus tetap diingat. Di sisi lain kita hormati proses bernegara itu sebabnya kami hadir di sini,” tambahnya.

Ia pun menjawab soal kemungkinan “bergabung dengan pemerintah”. Menurut Anies pihaknya saat ini fokus mengikuti proses yang terjadi saat ini.

“Pokoknya kita ikuti proses ini dulu,” katanya.

Sebelumnya MK menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 yang dilayangkan Anies-Muhaimin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, kemarin. Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan konsekuensi dari putusan MK itu adalah SK KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang pengumuman hasil pemilu tetap berlaku dan sah.

Oleh sebab itu, KPU bisa menindaklanjutinya dengan penetapan presiden dan wakil presiden terpilih. Penetapan paslon presiden dan wakil presiden terpilih pemilu 2024 diagendakan KPU jam 10.00 WIB ini.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Bahas UU ITE, Anies Singgung Istilah Wakanda-Konoha


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *