Jakarta, CNBC Indonesia – PLN Nusantara Power subholding dari PT PLN (Persero) bersiap-siap menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Indonesia yang baru sebesar 50 Mega Watt (MW). Pembangunan PLTS ini terletak di jantung kota IKAN di Penajam Paser Utara.

Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi PLN Nusantara Power Karyawan Aji dalam paparannya menyatakan bahwa, PLTS IKN berkapasitas 50 MW itu akan dibangun di lahan seluar 80 hektare.

“Pembangunan PLTS 50 MW ini merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk mengembangkan energi baru dan terbarukan di IKN Nusantara. Pemerintah menargetkan IKN Nusantara dapat menggunakan EBT sebesar 80% dari total kebutuhan listriknya pada tahun 2045.

Asal tahu saja, PLTS IKN sebesar 10 MW sudah berhasil dibangun dan dioperasikan pada Februari 2024 lalu. Dalam catatan Kementerian ESDM, PLTS 50 MW akan Commercial Operations Date (COD) pada pertengahan tahun 2024.

Menteri ESDM Arifin Tasrif sebelumnya menegaskan, selain pembangunan PLTS, akan juga dibangun gardu induk berkapasitas 50 MW yang akan digunakan sebagai sumber pasokan listrik saat pembangunan PLTS berjalan di IKN.

“Kemudian juga akan dipasang gardu induk 50 MW dan transmisinya untuk bisa memfasilitasi dampak adanya produksi dari PLTS tersebut,” ujar Arifin.

Sebagai sumber listrik utama ramah lingkungan untuk IKN, PLN juga telah menyediakan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik (SPKLU) di IKN Nusantara untuk penggunaan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi utama di ibukota baru.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Buah Manis Transformasi, PLN Raih 779 Penghargaan di 2023


(pgr/pgr)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *