Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju. Agenda pertama yang dilakukan melakukan peresmian rekonstruksi dan rehabilitasi infrastruktur pasca gempa Sulawesi Barat.

Gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo yang terjadi melanda Mamuju dan Majene pada 15 Januari 2021, tak berpotensi tsunami. Banyak infrastruktur yang rusak akibat bencana ini.

Pasca gempa, Jokowi bercerita langsung melakukan arahan untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi 147 bangunan yang terdampak. Juga pembangunan 3 ruas jalan sepanjang 22,4 kilometer yang ditangani melalui Inpres Jalan.

“Pada umumnya di provinsi Sulawesi Barat ini atas instruksi dan perintah langsung yang saya sampaikan pada gempa yang lalu. ini dibangun, ini dibangun, ini dibangun. Saya lihat tadi alhamdulillah sudah selesai. Hanya kurang gedung DPRD┬ádan satu masjid,” kata Jokowi, Selasa (23/4/2024).

Jokowi mengatakan anggaran yang digelontorkan pemerintah sebesar Rp 1,31 triliun untuk melakukan rehabilitasi. Detailnya terdiri dari 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan, satu gedung ibadah, satu fasilitas olah raga, 7 rumah susun, 2 rumah adat, dan 17 prasarana air minum. Termasuk sekolah SMK 1 Ranggas yang menjadi tempat peresmian hari ini.

“tapi tadi pak kepala sekolah menyampaikan ke saya, pak ini masih kurang. anak-anak butuh asrama. Karena banyak yang tinggal jauh dari sekolah. Sehingga harus banyak yang tersebar ngekos di sekitar sekolah. Ya nanti entar lagi akan kita bangun asramanya. Atas permintaan kepala sekolah, ibu bupati dan juga pak gubernur,” kata Jokowi.

Selain itu Jokowi juga berjanji akan memberikan mobil listrik untuk dipelajari oleh siswa SMK.

“Termasuk nanti siang tadi ada permintaan karena di tempat praktek yang ada hanya mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik sehingga perlu praktek di dalam mobil listrik itu isinya apa, siang ini saya kirim mobil listrik. untuk praktek bukan untuk dikendarai,” kata Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Selatan Jawa Digoyang Gempa Pagi Tadi, Ternyata Ini Pemicunya


(emy/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *