Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 3 ruas jalan daerah di Sulawesi Barat, Selasa (23/4/2024). Tiga ruas itu merupakan bagian dari Inpres Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan adanya IJD ini untuk meningkatkan konektivitas serta meningkatkan kemantapan jalan daerah.

“Guna memperlancar arus logistik serta akses ke pusat produksi,” kata Basuki dalam keterangan, Selasa (23/4/2024).

Pelaksanaan IJD di Provinsi Sulawesi Barat terdapat di 3 ruas jalan sepanjang 22,4 km dengan biaya sebesar Rp 81,8 miliar yang tersebar di 3 Kabupaten.

Pertama, penanganan IJD di Kabupaten Pasangkayu sebanyak 1 ruas jalan sepanjang 9,4 km dengan biaya Rp 24,4 miliar yakni ruas Trans Sulawesi – Baras – Kapaha – Balanti – Motu.

Ruas selanjutnya di Kabupaten Mamuju sebanyak 1 ruas jalan yakni jalan Salubatu – Bonehau sepanjang 10 km dengan biaya Rp 35,2 miliar. Terakhir di Kabupaten Mamasa sebanyak 1 ruas jalan sepanjang 3,0 km dengan biaya Rp 22,2 miliar yakni ruas Tabone – Nosu.

Rudi, Kepala Desa Buttuada Dusun Pelosian Kabupaten Mamuju mengucapkan terima kasih dengan diperbaikinya jalan di wilayahnya karena dapat mempercepat waktu tempuh. “Dulu saat masih rusak kondisi jalan, untuk ke Kota Mamuju perlu waktu sekitar 3 jam, sekarang menjadi hanya sekitar 1,5 jam,” ujar Rudi.

Diketahui Inpres Jalan Daerah pada tahun anggaran 2023 Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Binar telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 kilometer jalan daerah di seluruh Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Jokowi Cek Jalan Talaud: Perbaikan Sejak 2015, Bujet Rp1,3 T


(emy/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *