Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga melaporkan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) perusahaan mencapai titik tertinggi pada H-1 Idul Fitri 2024 yakni Selasa (12/4/2024) bila dibandingkan dengan konsumsi normal.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengungkapkan bahwa konsumsi pada H-1 lebaran pada jenis gasoline meningkat hingga 46%, bahan bakar penerbangan atau avtur hingga 4,8%. Sedangkan konsumsi gasoil mengalami penurunan hingga 37%.

Riva menyebutkan peningkatan konsumsi tertinggi pada jenis gasoline terjadi pada jenis BBM Pertamax Turbo (RON 98) yang tembus hingga 104%. “Tidak hanya BBM yang mengalami kenaikan selama satgas RAFI 2024, LPG 3 kg juga dilakukan penambahan 5,8% dari kebutuhan normal,” ujar Riva dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat (12/4/2024).

Adapun, Riva menyebutkan pada H-1 Idul Fitri 2024 ini, konsumsi BBM bersubsidi khususnya Pertalite (RON 90) naik 37%. Sedangkan pada jenis BBM non subsidi Pertamax (RON 92) juga bertambah hingga 99%.

Dia mengatakan kenaikan konsumsi hampir terjadi di semua jenis BBM. Sedangkan, konsumsi LPG Public Service Obligation (PSO) ukuran 3 kg mencapai 10,4% pada H-1 lebaran Idul Fitri 2024 dibandingkan penyaluran harian normal. “Dengan penambahan ini kami harapkan kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG dapat terpenuhi dengan baik,” ungkap Riva.
Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting juga menyebutkan setelah memenuhi kebutuhan BBM dan LPG pada arus mudik, Pertamina Patra Niaga masih terus bersiaga menyiapkan kebutuhan libur Idul Fitri dan arus balik mendatang. “Kami terus memonitor konsumsi BBM dan LPG, karena pasca hari H biasanya lokasi wisata diserbu masyarakat sehingga BBM dan LPG harus kami pastikan aman,” jelas Irto.

Dengan begitu, dia mengatakan Pertamina terus mengimbau masyarakat untuk dapat mengakses Call Centre Pertamina di nomor 135 jika menemukan kendala terkait BBM dan LPG di lapangan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kado Tahun Baru 2024! BBM Non Subsidi Turun, Ini Daftarnya


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *