Jakarta, CNBC Indonesia – Federal Aviation Administration (FAA) membuka penyelidikan pada penutup mesin Southwest Airlines Boeing 737-800 yang jatuh saat lepas landas di Denver dan mengenai penutup sayap.

Tidak ada yang terluka dalam kejadian pekan lalu itu. Southwest Penerbangan 3695 kembali dengan selamat ke Bandara Internasional Denver sekitar pukul 08:15 waktu setempat dan ditarik ke gerbang setelah kehilangan penutup mesin.

Pesawat menuju bandara Houston Hobby dengan 135 penumpang dan enam awak kapal naik ke ketinggian sekitar 10.300 kaki (3.140 m) sebelum kembali 25 menit setelah lepas landas.

Penumpang tiba di Houston dengan pesawat Southwest lainnya sekitar empat jam terlambat dari jadwal. Southwest mengatakan tim pemeliharaan sedang meninjau pesawat tersebut.

Menurut catatan FAA, pesawat tersebut mulai beroperasi pada Juni 2015. Boeing 737-800 merupakan generasi sebelumnya dari 737 terlaris yang dikenal sebagai 737 NG, yang kemudian digantikan oleh 737 MAX.

Southwest menolak mengatakan kapan mesin pesawat terakhir kali mendapat perawatan, demikian dikutip dari Reuters, Selasa (9/4/2024).

Dalam video yang viral di Twitter, terlihat penutup mesin yang robek berkibar tertiup angin dengan logo Southwest yang juga robek.

Boeing sendiri mendapat kecaman keras sejak panel penutup pintu merobek pesawat Alaska Airlines baru jet 737 MAX 9 di ketinggian 16.000 kaki pada 5 Januari lalu.

Setelah insiden itu, FAA melarang terbang MAX 9 selama beberapa minggu, melarang Boeing meningkatkan tingkat produksi MAX dan memerintahkannya untuk mengembangkan rencana komprehensif untuk mengatasi masalah pengendalian kualitas sistemik dalam waktu 90 hari.

Produksi Boeing dikabarkan turun di bawah batas maksimum 38 MAX pesawat per bulan yang diizinkan FAA. Departemen Kehakiman telah membuka penyelidikan kriminal atas insiden MAX 9.

Pada Desember, FAA mengusulkan mandat inspeksi rumah mesin dan penggantian komponen pada pesawat Boeing 737 NG setelah insiden bilah kipas yang fatal di Southwest pada tahun 2018.

Arahan tersebut mengharuskan operator untuk memeriksa dan mengganti komponen tertentu pada penutup mesin pada bulan Juli 2028. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional meminta Boeing pada tahun 2019 untuk mendesain ulang struktur penutup kipas setelah insiden tersebut.

FAA sedang menyelidiki beberapa masalah mesin yang terjadi baru-baru ini pada armada pesawat Boeing Southwest.

Sebuah penerbangan Southwest 737-800 pada hari Kamis membatalkan lepas landas dan meluncur kembali ke gerbang bandara Lubbock di Texas setelah kru melaporkan masalah mesin. FAA juga sedang menyelidiki penerbangan Southwest 737 pada 25 Maret yang kembali ke bandara Austin di Texas setelah kru melaporkan kemungkinan masalah mesin.

Penerbangan Southwest 737-800 tanggal 22 Maret kembali ke bandara Fort Lauderdale setelah kru melaporkan masalah mesin. Hal ini juga sedang ditinjau oleh FAA.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Boeing Terlibat Insiden Lagi, Roda Hidung Pesawat 757 Tiba-Tiba Copot


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *