Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI mengumumkan hasil sidang isbat Idul Fitri 2024. Adapun sidang isbat hari ini dilakukan untuk menetapkan tanggal Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dilaksanakan pada hari Selasa (9/4/2024) di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Sidang isbat hari ini dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan dihadiri Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Berdasarkan hasil sidang isbat, pemerintah menetapkan Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.  Yaqut berharap dengan adanya hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan bersama-sama dengan penuh suka cita, apalagi organisasi besar Islam NU dan Muhammadiyah kompak merayakan Idul Fitri besok.

“Pada hari ini Kementerian Agama telah melakukan sidang isbat untuk menetapkan awal bulan syawal serta hari raya idul fitri 1445 H. Data posisi hilal hari ini di seluruh Indonesia, yaitu pada ketinggian hilal yang berkisar pada 4° 52′ 71″ sampai dengan 7° 37′ 84″, dan sudut elongasi berkisar 8° 23′ 68″ sampai dengan 10° 12′ 94″,” kata Yaqut dalam Konferensi Pers Sidang Isbat hari ini.

“Data ini merupakan hisab yang dihitung secara matematis, astronomis yang sudah dihimpun Kemenag melalui tim hisab rukyat Kemenag beberapa waktu yang lalu. Setelah itu, Kemenag sudah melakukan rukyatul hilal di sejumlah lokasi di seluruh waktu dan wilayah Indonesia. Laporan-laporan rukyatul hilal ini kemudian telah dibawa ke sidang dan tadi sudah dimusyawarahkan oleh para alim ulama, tokoh-tokoh ormas islam, pakar falak dan astronomi, serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya.”

“Forum sidang tadi bermufakat bahwa 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 Masehi,” sambungnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Biaya Mudik Semakin Mahal Ini Ongkos Yang Harus Disiapkan


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *